Saturday, January 5, 2008

BAHASA DAN BUDAYA BANYUMASAN

Bahasa dan Sastra - Di daerah Banyumasan berkembang bahasa jawa dialek Banyumasan. Banyak kalangan berpendapat bahwa bahasa Banyumasan adalah bahasa yang lebih tua dari pada bahasa jawa yang berkembang saat ini. Bahasa Banyumas memiliki spesifikasi berupa penggunaan vokal dan konsonan pada akhir kata yang diucapkan dengan jelas. Misalnya : tiba, sega, mangga, jeruk, manuk, kepadhuk, dan lain-lain. Pengucapan vokal dan konsonan seperti ini mirip dengan pola pengucapan pada bahasa Jawa Kuna, misalnya : "tan ana dharma mangrwa ". Dilihat dari kosa kata, bahasa Banyumasan memiliki kosa kata yang dekat dengan bahasa Kawi, misalnya : inyong mirip dengan ingong, rika sama dengan rika.

Upacara Adat - Di daerah Banyumas terdapat berbagai bentuk upacara tradisi-onal yang unik dan khas berkaitan dengan sistem kepercayaan dan pandangan hidup masyarakatnya, antara lain:

Upacara Tradisional Unggah-unggahan, yaitu upacara selamatan yang dilaksanakan pada setiap hari jumat kliwon pada bulan Ruwah bertempat Makam Bonokeling, Desa Pekuncen, kecamatan Jatilawang. Upacara ini dilakukan oleh anak keturunannya dan masyarakat sekitar.
Upacara Tradisional Udhun-udhunan, yaitu upacara selamatan yang dilaksanakan pada setiap bulan Syawal di Makam Bonokeling, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang. Upacara ini dilakukan oleh anak keturunannya dan masyarakat sekitar.
Penjamasan Pusaka atau Jimat. Upacara penjamasan pusaka/jimat dilaksanakan di tiga daerah: (i) Desa Kalisasak Kecamatan Kebasen, upacara ini didahului dengan keluarnya Pusaka/Jimat peninggalan Amangkurat II (Raja Mataram) dari tempan penyimpanan oleh juru kunci dan ditempatkan di mimbar khusus tempat penjamasan. Proses penjamasan untuk senjata tajam dilakukan dengan cara digosok-gosok berulang-ulang dengan menggunakan ramuan jeruk nipis, katul (dedak) dan bubuk warangan. Untuk yang bukan senjata tajam dilakukan dilakukan dengan pengasapan kemenyan. (ii) Kalibening Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas. Untuk Kalibening, pusaka/jimat setelah dikeluarkan dari tempat penyimpanan kemudian dikirab menuju sumur pesucen di komplek Makam mBah Kalibening. proses penjamasan pusaka/jimat dijamas dengan air yang diambil dari sumur pesucen.
(iii) Desa Gambarsari Kecamatan Kebasen. Prosesi sama dengan di Desa Kalisasak.

Upacara Tradisional Jaro Rojab. Upacara penggantian jaro (pagar) lama yang ada di kompleks Masjid Saka Tunggal Cikakak Wangon, dilakukan prosesi pembuatan pager jaro yang mengelilingi seluruh kompleks masjid, dilaksanakan setiap tanggal 27 Rajab dalam hitungan aboge, mundur satu hari dari hitungan tahun Hijriyah.
Bambu dibawa secara sukarela oleh penduduk setempat kemudian dibuat bahan jaro (pagar) dan sebelum dipasang dicuci dengan air sungai yang ada di sekitar kompleks makam.


Suran atau Sedekah Bumi, Hampir semua masyarakat Banyumas mengenal upacara Suran. Yaitu upacara tradisional sedekah bumi yang ditujukan untuk tujuan Tolak Bala dengan cara bermacam-macam seperti ruwat bumi, upacara selamatan dimakam leluhur & lain-lain.
Upacara ini dilaksanakan pada Bulan Syura biasanya didahului dengan prosesi kirap hasil bumi berupa ketela pohon, padi, jagung, dll. Dilengkapi pula dengan tumpeng Panca Warna , Sanggabuana, Robyong dan Kuat, setelah tumpeng dikepung (makan bersama). Dilaksanakan di Desa Ketenger Baturraden. Untuk Daerah Sokaraja ada tambahan tumpeng uceng.


Sadranan, sebagaimana Suran hampir semua masyarakat Banyumas mengenal Sadranan, yaitu prosesi bersih kuburan yang dilanjutkan dengan kenduren. Sadranan adalah suatu bentuk upacara mengenang arwah leluhur dengan cara membersihkan makamnya menjelang pelaksanaan pelaksanaan puasa di Bulan Ramadhan.

Pakaian Adat - Banyumas memiliki pakaian tradisional yang sangat khas. Pada kalangan wong cilik di jumpai pakaian seperti lancingan, bebed wala, pinjungan, iketan, nempean dan lain-lain. Adapun pada kalangan priyayi dijumpai pakaian Beskap untuk kamu Pria sedangkan Nyamping untuk kaum Wanita. Apabila pakaian Adat ini diberdayakan secara maksimal untuk kepentingan wisata niscaya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

1 comment:

infogue said...

Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/seni_budaya/bahasa_dan_budaya_banyumasan/