Thursday, August 30, 2007

SEKILAS TENTANG BANYUMAS

SEKILAS TENTANG KABUPATEN BANYUMAS


Wilayah Kabupaten Banyumas terletak disebelah Barat Daya & merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah diantara letak garis bujur timur 108° 39' 17'' sampai 109° 27' 15'' & diantara garis lintang selatan 7° 15' 05'' sampai 7° 37' 10'' yang berarti berada di belahan selatan garis khatulistiwa. Batas-batas Kabupaten Banyumas adalah :
Image and video hosting by TinyPic


Sebelah Utara: Gunung Slamet, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang
Sebelah Selatan: Kabupaten Cilacap.
Sebelah Barat: Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes.
Sebelah Timur: Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara.

Luas wilayah Kabupaten Banyumas sekitar 1.327,60 km2 atau setara dengan 132.759,56 ha, dengan keadaan wilayah antara daratan & pegunungan dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah Sungai Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman & pekarangan, dan seba-gian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak dilereng Gunung Slamet sebelah selatan. Bumi & kekayaan Kabupaten Banyumas masih tergo-long potensial karena terdapat pegunungan Slamet dengan ketinggian puncak dari permukaan air laut sekitar 3.400M & masih Aktif. Keadaan cuaca & iklim di Kabupaten Banyumas karena tergolong d ibelahan selatan khatulistiwa masih memiliki iklim tropis basah. Demikian Juga karena terletak diantara lereng pegunungan jauh dari permukaan pantai/lautan maka pengaruh angin laut tidak begitu tampak, namun dengan adanya dataran rendah yang seimbang dengan pantai selatan angin hampir nampak bersimpangan antara pegunungan dengan lembah dengan tekanan rata-rata antara 1.001mbs, dengan suhu udara berkisar antara 21,4° C - 30,9° C.

Kabupaten Banyumas berdiri pada : Jum'at Kliwon tanggal : 6 April 1582 atau bertepatan dengan tanggal 12 Robiulawal 990 Hijriah. Pendiri Kabupaten Banyu-mas adalah Raden Joko Kahiman yang kemudian menjadi Bupati Pertama dengan julukan atau gelar Adipati MARAPAT (MRAPAT). Dari sejarah terungkap bahwa R. Joko Kahiman merupakan SATRIA yang Luhur Budi-Pekertinya dan bisa menjadi teladan segenap warga Kabupaten Banyumas karena mencerminkan:

Sifat Altruistis yaitu tidak mementingkan diri sendiri.
Merupakan Pejuang Pembangunan yang Tangguh, Tanggap, dan Tanggon.
Pembangkit Jiwa Persatuan & Kesatuan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Banyumas No.130/1207/1988 tanggal 13 Desember 1988, moto & ethos kerja Pemerintah Kabupaten Banyumas adalah SATRIA (Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, Aman).

Banyumas dikenal dengan berbagai predikat sebagai:

Pusat Budaya Banyumasan: Banyumas yang berbatasan dengan Jawa Barat yang dikenal dengan Budaya Sunda & Tepian Jawa Tengah yang berbahasa Jawa menjadikan Banyumas memiliki kelebihan Bahasa & Budaya Banyumasan.

Daerah/ Kota Perjuangan - Semenjak Masa Pergerakan kebangsaan Indonesia, Banyumas tidak pernah ketinggalan & secara runtut ikut Andil dalam perlawanan terhadap penjajah Belanda. Banyumas melahirkan SATRIA Banyumas, seperti -Panglima Besar Jenderal Soedirman dan Jenderal Gatot Subroto.

ota Pendidikan - Banyumas memiliki banyak Perguruan Tinggi, antara lain Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Universitas Wijaya Kusuma (UNWIKU), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-Satria), POLITEKNIK PRATAMA PURWOKERTO, Akademi Management Informatika & Komputer (AMIK-Veteran), Sekolah Tinggi Ilmu Agama, Universitas Muhammadiyah, STIMIK "Widya Utama", Akademi Teknik Wiworotomo.

Kabupaten Banyumas merupakan daerah tujuan Wisata yang mempunyai obyek-obyek menarik untuk dikunjungi antara lain berupa tempat Wisata Alam, Atraksi Wisata, & Budaya.

Cara Pencapaian

Untuk mencapai daerah Banyumas dapat menggunakan transportasi darat yang dapat dilakukan dengan berbagai Armada Angkutan Darat: Kereta Api, Bus Antar Propinsi, Bus Antar Kota yang menghubungkan Kota-Kota diseluruh Pulau Jawa terutama tujuan Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Semarang.

Sumber : http://www.pariwisata.banyumas.go.id

No comments: